Bagaimana Tawaran untuk Proyek Perangkat Lunak

Orang yang bekerja sebagai freelancer perangkat lunak perlu menawar proyek sesuai permintaan klien. Orang menawar proyek untuk menunjukkan kemampuan mereka agar proyek perangkat lunak selesai tepat waktu secara efektif dan profesional. Tapi memenangkan proyek perangkat lunak itu sulit, karena mungkin ada ratusan tawaran yang ditempatkan pada satu proyek perangkat lunak tunggal. Anda perlu membuat tawaran yang menonjol dari yang lain.

Tulis profil tentang Anda sebagai pengembang perangkat lunak. Di sinilah Anda menjual diri Anda sebagai pekerja perangkat lunak yang berkualitas dan terdidik. Sertakan gelar teknis, merancang diploma, sertifikasi program, pengalaman kerja perangkat lunak yang relevan, resume lengkap yang menguraikan pengalaman perangkat lunak Anda dan pencapaian besar lainnya yang telah Anda selesaikan dalam industri perangkat lunak. Sertakan istilah industri dan lapangan, seperti HTML, CSS dan XHTML.

Kumpulkan karya terbaik Anda dalam portofolio. Anda perlu menyediakan portofolio Anda saat menawar proyek perangkat lunak, sehingga klien dapat melihat kemampuan dan pekerjaan Anda sebelumnya. Contoh pekerjaan perangkat lunak yang disertakan dalam portofolio Anda adalah proyek pemrograman, desain situs web, pelaporan perangkat lunak dan pemecahan masalah perangkat lunak. Tunjukkan berbagai aspek kemampuan Anda, sehingga klien tidak mendapat kesan bahwa Anda hanya bisa melakukan satu atau dua hal.

Sertakan surat rekomendasi dan prestasi yang menyertai proyek yang digunakan dalam portofolio. Jika memungkinkan, tanyakan kepada klien sebelumnya untuk memberi penekanan pada kemampuan perangkat lunak tertentu, seperti pemecahan masalah, pemrograman atau keseluruhan perancangan.

Buat tawaran yang realistis untuk proyek perangkat lunak yang diberikan. Sementara beberapa klien sudah memiliki harga per jam, ada yang meminta freelancer perangkat lunak untuk menetapkan harganya. Jika harga sudah ditentukan, Anda diminta memilih jumlah jam yang bisa Anda lakukan untuk proyek tersebut. Buat tebakan yang realistis, tapi jangan kurangi diri Anda sendiri.

Jika klien meminta penawar untuk menetapkan harganya, Buat perkiraan berapa jam yang akan Anda bayar, berapa biayanya dan berapa banyak keuntungan yang Anda inginkan. Jika ragu, berikan kira-kira 15 persen keuntungan. Anda perlu menyertakan jam perencanaan, perancangan, pemrograman dan pengujian, jika ada. Buat garis besar daftar tugas Anda saat menyarankan harga untuk klien, jadi dia sadar berapa uang dan waktu yang dihabiskannya.

Buat contoh proyek perangkat lunak untuk proyek khusus ini untuk menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan. Misalnya, jika proyek dibuat untuk desain situs web dengan pemrograman HTML dan CSS, tunjukkan berbagai contoh desain situs web secara keseluruhan dan sertakan cetakan layar dari pengkodean untuk menunjukkan kepada klien bagaimana Anda menyelesaikan tampilan.

Kirimkan tawaran Anda untuk proyek perangkat lunak dan tunggu jawabannya. Saat mengirimkan, sertakan semua informasi yang relevan yang dikumpulkan di langkah sebelumnya dan sertakan daftar tempat atau metode yang dapat dijangkau klien, jika Anda dipilih untuk wawancara. Ini bisa berupa email, instant messenger, chat, nomor telepon atau jenis utusan lainnya. Sediakan klien dengan beberapa pilihan.

Bagaimana Tawaran untuk Proyek Perangkat Lunak

Wmotion.co.id juga menyediakan Application for Project yang membantu anda untuk menyelesaikan proyek milik anda. Kunjungi segera situs web kami di http://wmotion.co.id untuk memesan Application for Project

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *